BMKG TANJUNG PERAK GOES TO SCHOOL : Sosialisasi bersama SMK Pelayaran Bhakti Samudera Surabaya

  • admin
  • 02 Mei 2024, 10:04:52 WIB
BMKG TANJUNG PERAK GOES TO SCHOOL : Sosialisasi  bersama SMK Pelayaran Bhakti Samudera Surabaya

Surabaya (29/4/2024) –  Dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai informasi cuaca maritim bagi para pelayar muda, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Perak Surabaya menyelenggarakan kegiatan sosialisasi bersama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pelayaran Bhakti Samudera Surabaya. Bertempat di aula SMK Pelayaran Bhakti Samudera, acara ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai cuaca laut kepada para taruna yang sedang mempersiapkan diri untuk menjadi pelaut.

Materi yang disampaikan dalam acara ini tak lain adalah tentang informasi cuaca yang didalamnya juga mencakup informasi cuaca maritim, materi tersebut disampaikan langsung oleh Ady Hermanto, Forecaster dari BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya. Diharapkan bahwa pengetahuan yang diberikan akan menjadi bekal berharga bagi para taruna saat mereka nantinya berada di tengah lautan.

Tampak antusiasme yang besar dari para taruna SMK Pelayaran Bhakti Samudera dalam menerima materi tersebut. Selain memahami cuaca laut, mereka juga diberikan informasi tentang Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG), sebuah institusi pendidikan kedinasan di bawah naungan BMKG. Informasi tersebut mencakup syarat pendaftaran, program studi yang dapat diambil oleh calon taruna, fasilitas, serta jenjang karir yang akan didapatkan oleh calon taruna setelah lulus dari STMKG.

Salah satu taruna, Farel menyatakan ketertarikannya untuk melanjutkan studi di STMKG setelah mendengar materi yang disampaikan. "Saya jadi tertarik untuk melanjutkan studi saya di STMKG karena benefit yang didapat ketika lulus nanti sangat banyak," ujar Farel. "Informasi mengenai cuaca tersebut juga sangat bermanfaat, jadi kita tahu ketika semisal ada tanda-tanda awan CB berarti kemungkinan akan terjadi hujan, kita juga jadi tahu kalau ternyata tsunami itu tidak berbahaya bagi pelaut yang sedang melaut. Intinya, informasinya sangat bermanfaat bagi praktek layar saya nanti."

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan bekal pengetahuan yang cukup kepada para taruna dalam menghadapi tantangan di dunia pelayaran, serta membuka wawasan mereka akan pentingnya pemahaman cuaca maritim untuk keselamatan dan keberhasilan dalam pelayaran.

(Tim Humas BMKG Tanjung Perak)

  • 25 Jun 2024, 08:09:08 WIB
  • 3.8 SR
  • 10 km
  • 0.20 LU -
  • Pusat gempa berada di darat 8 km barat laut Lubuksikaping-Pasaman
  • II Pasaman
  • Selengkapnya →

Siaran Pers